Top 5 Game Engine di Dunia

 On Monday 29 February 2016  

Pernahkah ketika kita bermain game terlintas di fikiran kita, siapa ya yang membuat game ini? Dengan software apa ya game ini dibuatnya? Gimana sih buatnya? Atau mungkinkah kita bisa membuat game kayak gini? Pernahkah pertanyaan-pertanyaan itu muncul di fikiran kita? Karena salah satu pertanyaan itu muncul dikepala saya oleh karena itu saya sekarang akan membahas tentang Top 5 Game Engine di dunia.

5. Frostbite 3

Perusahaan        : EA DICE (Electronics Arts Digital Illusions Creative Environtment)
Platform              : MS Windows, PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One.
Games                  : Battlefield 4, Battlefield Hardline, NFS: Rivals.
Situs                      : www.frostbite.com
Frostbite 3 adalah produk terbaru dari Frostbite series. Bisa dilihat diatas bahwa perusahaan Frostbite adalah EA DICE jadi sebagian besar game-game EA dibuat dengan engine ini. Bagaimana kemampuan engine ini? Bisa dilihat dari salah satu game mereka NFS: Rivals contohnya, graphics yang luar biasa, suara yang pas, visual efek yang menakjubkan dan dynamic effect yang merupakan hal terkeren dari engine ini.

4. CryEngine 3

Perusahaan        : Crytek
Platform              : Android, iOS, PC, PS3, PS4, Xbox 360, Xbox one, Wii U.
Games                  : Far Cry, Crysis, Crysis 2, Crysis 3, Evolve.
Situs                      : www.cryengine.com
Masuk ke posisi 4 yaitu CryEngine. Wow ternyata Crysis series dibuat oleh engine ini, siapa yang tidak tau seri Crysis game FPS yang sangat keren dan well-know bisa dibilang. Apa si kemampuan baru dari CryEngine 3 selain memberikan graphics yang luar biasa, animasi yang keren, dan detail game yang sungguh menakjubkan? CryEngine 3 SandBox, tool ini memberikanmu full control pada kreasi multi-platform mereka secara real-time, dibarengi dengan fitur array efficient tool. Fitur dari game CryEngine ialah kamu bisa mengedit dan memainkannya dengan system What You See is What You Play (WYSIWYP).

3. Source 2

Perusahaan        : Valve Corp.
Platform              : PC, Xbox, PS.
Games                  : Counter Strike, Half Life.
Situs                      : www.developer.valvesoftware.com
Source 2 adalah pembuat game FPS yang mengisi masa muda kita dengan penuh warna :v Counter Strike. Begitu juga dengan game-game RTS yang sering kita jumpai ialah buatan Source 2 juga. Meskipun engine ini belum update untuk waktu yang lama, namun engine ini sudah cukup mumpuni untuk membuat game-game yang tak kalah dengan game-game lainnya.

2. Unity 5

Perusahaan        : Unity Tecnologies
Platform              : PC, Handphone, PS3, PS4, Wii U, Xbox One, Xbox 360 dan lain-lain.
Games                  : Ori and the Blind Forest, Crossy Road, Chrono Blade, dan banyak game indie lainnya.
Situs                      : www.unity3d.com
Unity adalah salah satu engine terkuat dan terhebat yang pernah ada. Engine ini selalu saja di banding-bandingkan dengan Unreal Engine yang merupakan game engine terbaik yang pernah ada. Unity 5 adalah produk terbaru dari unity yang memberikan peningkatan yang sangat menakjubkan. Namun tetap saja Unity 5 belum mampu mengalahkan Unreal Engine 4. Engine ini sangat terkenal dikalangan indie yang tidak kalah dengan developer-developer besar yang ada.

1.Unreal Engine 4

Perusahaan        : Epic Games
Platform              : PC, HandPhone, PS3, PS4, Xbox One, Xbox 360 dan banyak lagi.
Games                  : Day Light 2015, Dead Island series  dan lain-lain.
Situs                      : www.unrealengine.com
Yap engine game terbaik yang ada hingga sekarang, UE4. UE4 memiliki kemampuan yang luar biasa dalam hal graphical, termasuk advanced dynamic lightning capabilities. UE4 sebenarnya gratis namun kita harus membayar royalti kepada Epic Games sekitar 5% dari pemasukan game yang di develop dengan engine ini. UE4 adalah engine yang sangat komplit dan total sekali, dari pembuatan game 2D mobile games hingga game-game console besar seperti PS4.
Beberapa kemampuan hebat UE4 :
-          - Rendering DirectX 11 & 12
-          - Akses full source code
-          -Cascade visual efek
-          -Animasi persona
-          -Dan banyak-banyak lagi.
Hum, sekian dari saya semoga bermanfaat. Terima kasih.
Top 5 Game Engine di Dunia 4.5 5 Wwwan Monday 29 February 2016 Pernahkah ketika kita bermain game terlintas di fikiran kita, siapa ya yang membuat game ini? Dengan software apa ya game ini dibuatnya?...


No comments:

Post a Comment