10 Publisher game terbesar di dunia tahun 2015

 On Saturday 20 February 2016  



Banyak dari kalangan gamers telah mengetahui, publisher mana sih yang telah menyediakan game favorit mereka. Oleh karena itu sekarang kita akan membahas tentang Publisher game terbesar tahun 2015 berdasarkan pemasukan atau revenue mereka.
           1.       Sony Computer Entertainment

Siapa yang tidak tau Sony? Creator dari console yang sangat terkenal yaitu Playstation, namun selain memproduksi console Sony juga menjadi Publisher game yang bisa dibilang sangat sukses karena menempati list pertama kita. Dengan revenue 9.89 miliar eropa (1 euro = Rp. 15.000 ) bisa dihitung sendiri berapa puluhan triliun yang dihasilkan oleh Sony Computer Entertainment. Beberapa game yang terkenal yang bi publish oleh SCE yaitu seri God Of War, Gran Tourismo, LittleBigPlanet, Uncharted dan banyak lainnya.


              2.       Tencent

Mungkin ini agak asing didengar oleh kita, Tencent adalah Publisher game yang berada di China yang pada awalnya bergelut dalam hal internet, namun mereka telah merambah dunia game juga. Dan siapa sangka mereka meduduki posisi 2 di list ini. Dengan revenue sebesar 7.73 miliar eropa Tencent mampu mengalahkan Nintendo dalam hal revenue. Beberapa game yang dipublish oleh Tencent yaitu QQ Three Kingdom, QQ Dancer dan beberapa game china lainnya.

            3.       Microsoft Games Studios

Microsoft yang sering kita kenal sebagai pemroduksi seri Windows, ternyata juga tidak kalah dalam urusan game. Console yang mereka produksi yaitu Xbox telah menjadi rival Playstation dan Nintendo dalam dunia bisnis dan game. Meskipun penjualan Xbox One belum sesukses Playstation 4 namun mereka menduduki posisi 3 dalam list ini. Dengan revenue sebesar 7.25 miliar eropa. Game yang mereka publish seperti seri Halo, Kinect Adventure, Hololens game, dan beberapa game lainnya.

            4.       Nintendo

Yap, Nintendo sang rival terbesar dari Playstation dalam hal console maupun game. Seperti Playstation Nintendo selain memproduksi console game, mereka juga menjadi Publisher game. Dengan revenue sebesar 3.39 miliar eropa Nintendo menempati posisi 4 di list ini. Meskipun kalah jauh dari Playstation dan Microsoft namun Nintendo tetap dapat bersaing dengan mereka. Beberapa game terkenal yang telah menghantarkan Nintendo ke posisi empat yaitu seri Mario Bros., Super Smash Bros., Zelda, dan beberapa game terkenal lainnya.


           5.       Activision Blizzard

Activision Blizzard adalah publisher game yang terdiri dari Blizzard dan Activision Studios. Mereka merupakan Publisher yang cukup terkenal bagi gamers seluruh dunia, karena mereka merupakan pencipta game-game yang sangat terekenal seperti seri Warcraft dan Dota. Activision Blizzard memmiliki revenue sebesar 3.32 miliar eropa.
          6.       EA

Yap, terkenal dengan game-game sport yang mereka rilis dengan backing EA Sports. FIFA, NBA Live, Madden NFL dan berbagai game sports lain. Begitu juga games NFS yang sangat terkenal, dari seri pertama hingga teranyar EA lah yang bertindak sebagai pubishernya. Electronic Arts mendapatkan revenue sebesar 3.25 miliar eropa.
           7.       Bandai Namco Games
Bandai Namco adalah gabungan antara Bandai dan Namco Entertainment. Mereka terkenal dengan game seperti seri Naruto, Tekken, Dragon Ball, dan berbagai game japan lainnya. Publisher ini sangatlah handal dalam menciptakan game yang sangat adiktif bagi player. Bandai Namco mendapat revenue sebesar 2.05 miliar eropa.




        8.       King Digital Entertainment

Siapa yang tidak tau candy crush saga? Saya yakin para pemilik smarthphone terutama perempuan yang paling senang dengan game casual pasti mengenali dan tau game ini. Nah, King merupakan publisher dari game tersebut. Game itu hanya salah satu dari banyak game yang telah mereka publish, masih banyak game bagus selain itu seperti Bubble Witch Saga dan Farm Heroes Saga. Casual adalah genre game publishan mereka. Mereka mendapat revenue sebesar 1.7 miliar eropa.
9.       Ubisoft

Rayman adalah salah satu mascot legendaris dari game publisher ini. Selain Rayman, Ubisoft juga merupakan publisher dari Asassins Creed Series, Just Dance Series, Ghost Recon series dan game lainnya. Ubisoft mendapatkan revenue sebesar 1.46 miliar eropa.



        10.   GungHo Online Entertainment

Satu lagi publisher game yang mungkin asing ditelinga kita, GungHo adalah publisher dari game online seperti Ragnarok, Gradia, dan Rose. GungHo mendapatkan revenue sebesar 1.26 miliar eropa.

Beberapa publisher game diatas merupakan publisher game terbesar tahun 2015, mungkin data akan dapat berubah setiap saat karena mereka masih terus berkarya dan mempublish game-game mereka. Terima kasih semoga bermanfaat.
10 Publisher game terbesar di dunia tahun 2015 4.5 5 Wwwan Saturday 20 February 2016 Banyak dari kalangan gamers telah mengetahui, publisher mana sih yang telah menyediakan game favorit mereka. Oleh karena itu sekarang ...


No comments:

Post a Comment