Sejarah Hancurnya Video Game Tahun 1983

 On Tuesday 26 April 2016  

     Pada tahun 1983 ketika video game masih berada pada generasi kedua, terjadi sebuah kejadian besar yang sangat mengejutkan yaitu “Video Game Crash” atau hancurnya video game pada tahun itu. Kehancuran video game pada tahun 1983 hingga 1985 atau yang sering dikenal sebagai “Atari Shock” di jepang ialah peristiwa dan resesi besar bagi industry video game dunia. Pendapatan yang begitu besar sekitar $3,2 miliar US pada tahun 1983, kemudian secara tiba-tiba pendapatan anjlok menjadi $100 juta US pada tahun 1985 (penurunan hamper 97%). Karena peristiwa ini ialah peristiwa yang cukup serius hingga menyebabkan berakhirnya masa video  game konsol generasi kedua di Amerika Utara.
   Kehancuran itu hampir menghancurkan industri yang sedang dipuncak-puncaknya dan menyebabkan bangkrutnya beberapa perusahaan yang memproduksi computer rumah dan video game console di wilayah tersebut, termasuk perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di U.S pada waktu itu yaitu Atari. Kejadian ini berlangsung hingga dua tahun dan banyak dari bisnis analis tidak yakin akan kelangsungan hidup dari video game console.  Namun, beberapa tahun kemudian Insutri per video game consolan di Amerika utara berhasil mengatasi kehancuran tersebut, dengan munculnya Nintendo Entertainment System (NES), tepatnya dirilis di New York City di akhir tahun 1985 dan tanpa disangka menjadi sangat popular di Amerika Utara pada tahun1987.
       Penyebab utama dari kehancuran ini ialah kejenuhan pasar yang tepat dirasakan pada tahun 1985. Beberapa hal yang juga menjadi penyebabnya adalah :

Membludaknya Pemasaran Console Game

     Pada waktu dimana kehancuran terjadi, terdapat bayak sekali video game console dipasaran, seperti Atari 2600, Atari 5200, ColecoVision, Bally Astrocade, Magnavox Odissey dan beberapa console lain.
Persaingan dengan computer rumah

       Dalam kejadian ini kehadiran computer rumah menjadi momok bagi video game console seperti computer produksi Altair dan Apple. Dengan terjadinya perang harga dan perang fitur ini menyebabkan kehancuran pada tahun ini semakin kompleks.
Hilangnya control publikasi


      Beberapa game yang kurang berkualitas banyak dipasarkan dan diiklankan pada waktu itu, oleh karena itu industry game sangat dirugikan oleh hal ini.
Inflasi
       Penurunan dari nilai koin pada mesin-mesin game seperti arcae dan sejenisnya disebabkan oleh inflasi yang terjadi pada waktu itu. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab dari bangkrutnya industry video game.


Meskipun pada tahun itu video game sempat kolaps dan mencapai titik ujung kehancuran, namun dengan keluarnya NES akhirnya industri video game dapat Berjaya kembali disusul dengan keluarnya competitor Nintendo yaitu Sega kemudian Sony dan seterusnya hingga sekarang.
Sejarah Hancurnya Video Game Tahun 1983 4.5 5 Wwwan Tuesday 26 April 2016      Pada tahun 1983 ketika video game masih berada pada generasi kedua, terjadi sebuah kejadian besar yang sangat mengejutkan yaitu...


No comments:

Post a Comment